Tips agar bisa berbahasa inggris dengan cara menyenangkan

Rabu, 09 Juli 2014

Bagikan Post ini :

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional (Semua orang tau kali...) yang sudah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan kita, Indonesia. Beberapa orang sulit dalam berbahasa inggris, baik dalam pengucapan maupun dalam teorinya. Padahal, menjadi hebat dalam bahasa inggris itu mudah saja. Tips yang paling utama adalah perbanyak kosakata. Cara yang paling ampuh untuk memperbanyak kosakata bahasa inggris kita adalah dengan mendengarkannya dan mengucapkannya. Tapi permasalahannya adalah kebanyakan orang malas mendengar bahasa inggris, wong guru bahasa inggrisnya ngajar aja dia tidur di kelas. Jadi bagaimana supaya tidak malas? Mungkin itulah pertanyaannya. Ya, saya juga sama, malas jika mendengar guru bahasa inggris saya "cuap-cuap" didepan kelas. Tapi itu dulu. Sekarang saya sudah lancar dalam berbahasa inggris (Ya, kalau di banding sama David Villa, Rooney, Personil A7x, atau gampangnya sama orang barat manapun jelas saya kalah). 

Hal utama yang harus dimiliki adalah keinginan. Saya yakin, kalau sudah nyasar ke blog ini sudah pasti ada keinginan yang kuat untuk bisa berbahasa inggris.

Baik, langsung saja kita lihat beberapa tips berikut...

[-] Senangi musik dengan lirik bahasa inggris
Siapa yang tidak suka musik? Bahkan orang yang tidak punya perasaan sekalipun menyukai musik. Musik memiliki beberapa tipe, ada yang slow dan ada yang fast tempo. Terserah Anda penyuka yang mana, yang penting intinya sukai musik yang mengandung lirik berbahasa inggris. Baik band, solo singer, koor dan lain sebagainya. Tugas Anda disini adalah mendengar saja. Dengarkan berulang-ulang dan temukan kata-kata yang bisa Anda tangkap. Misalnya, dalam lagu A7x yang berjudul I Won't See You Tonight pt 1 yang lirik utamanya " Cry alone, I'm gone a way" itulah kalimat pertama yang saya dengar dan itu salah. Lirik yang benar itu "Cry alone, I've gone away". Tapi tak apa, itu gunanya untuk melatih pendengaran dan lama-kelamaan telinga kita tidak bisa dikecoh lagi. 

[-] Senangi buku-buku bahasa inggris
Buku-buku yang saya maksud disini adalah buku-buku yang sesuai dengan genre Anda. Ada orang penyuka buku-buku fiksi, ada yang penyuka non-fiksi. Tak masalah, yang penting isinya berbahasa inggris. Baca kemudian garis bawahi kata atau kalimat yang Anda tidak mengerti, kemudian kalau ingin instan tinggal ketik di google terjemahan dan artikan. Kalau mau pelan-pelan bisa lihat di kamus. Namun sangat tidak disarankan jika menggunakan google terjemahan dalam percakapan sehari-hari karena grammar dari google terjemahan belum tentu benar.

[-] Sukai hal baru dalam berbahasa inggris
Bahasa inggris banyak memiliki hal-hal baru. Baik itu singkatan-singkatan, maupun cara pengucapan yang unik. Seperti : I'll c u latter (I will see you latter). Tapi itu hanya untuk senang-senang saja, sekaligus supaya tidak dibilang ketinggalan jaman. Dan lagi yang lebih hebat, kita bisa mengatakan satu hal dengan kalimat berbeda-beda, misal : Pertanyaan "Ada apa ini?" dalam bahasa inggris ada banyak sekali, ada yang bilang "What is the matter?" - "What is going on?", ada juga yang bilang "What the hell?" (Not recommend), ada juga "What the f?" (Not recommend). Carilah hal-hal baru tentang bahasa inggris, tapi jangan kata-kata jorok.

[-] Berteman dengan orang asing
Sekarang sudah banyak sekali sosial media online yang memberikan fasilitas kepada kita untuk saling berhubungan, baik dengan orang lokal maupun interlokal. Cobalah cari teman interlokal baru Anda melalui media-media sosial itu dan lakukan beberapa perbincangan dengan mereka dan tentunya dengan nada sopan. Anda bisa menyapanya dengan, "Hi" atau "Hello" dan jika sudah akrab bisa dilanjut dengan "Hey, What's up man?" atau "How ya doin'?" yang memiliki arti sama. Orang-orang interlokal biasanya akan maklum dengan kesalahan pengucapan atau penulisan jika Anda melakukan kontak disertai dengan kata "I'm sorry if my english is bad. I'm beginner and I want to learn how to use it well."

Bagaimanapun juga, belajar dari ahlinya seperti guru, tentor dan orang mahir lainnya sangat dianjurkan.

Mudah-mudahan, tulisan saya yang satu ini bisa bermanfaat.

Salam saya,

August Peter

MAU COPAS? SERTAKAN SUMBERNYA

Anda menyukai artikel diatas?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog August Peter ini

0 komentar :

Berkomentarlah

Beritahu kami apa yang anda pikirkan

 
Support : Copyright © 2011. August Peter's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by August Peter Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger