Perfectionist (Perfeksionis)

Selasa, 02 Juli 2013

Bagikan Post ini :

Ada banyak tipe, macam dan sifat manusia di sekitar kita. Ada yang keras kepala, ada yang sombong, ada yang pendiam, dan sebagainya. Anda dan saya mungkin memiliki sifat yang sama, atau mungkin tidak ada kesamaan sama sekali. Perilaku atau kognisi yang dimiliki manusia ini disebut Psychē atau jiwa (kejiwaan).

Salah satu perilaku yang akan di bahas adalah sifat Perfectionist (Perfeksionis). Menurut wikipedia, seorang yang memiliki sifat perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme, yaitu keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. 

Renee baron dan Elizabeth Wagele dalam bukunya yang berjudul "Eneagram" mengatakan bahwa perfeksionis adalah sifat kejiwaan yang dimotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Pada dasarnya, seorang perfeksionis merupakan orang yang memiliki pandangan tentang kesempurnaan. Baik dirinya sendiri maupun orang lain. Seorang perfeksionis akan mengerjakan sesuatu dengan sangat hati-hati dan sedetil mungkin. Ia tidak akan menghentikan pekerjaannya hingga ia merasa pekerjaan yang ia kerjakan sudah selesai dan sempurna. Pada umumnya, seorang perfeksionis adalah seorang yang dapat diandalkan, produktif, idealis, disiplin, adil, jujur, teratur, dan bijaksana.

Renee Baron dan Elizabeth Wagele dalam bukunya, Eneagram, mengatatakan bahwa, dalam pergaulan, seorang perfeksionis adalah seorang yang setia, berdedikasi, penuh pertimbangan dan suka membantu. Mereka tidak suka berat sebelah dan memiliki selera humor tinggi. Namun, seorang perfeksionis memiliki beberapa hal terburuk dalam pergaulannya, yakni suka berdebat, mengkritik, mempersoalkan hal-hal remeh dan tidak suka berkompromi. Seorang perfeksionis memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap orang lain.

Banyak perusahaan lebih suka merekrut orang-orang dengan tipe ini (perfeksionis) karena, sifatnya yang teratur, professional dan bertanggung jawab. 

Seorang perfeksionis, umumnya memiliki beberapa hal yang tidak mungkin ia lakukan dalam hidupnya.

[-] Seorang perfeksionis tidak akan terlambat lebih dari 30 menit untuk menghadiri sebuah pertemuan penting.

[-] Seorang perfeksionis tidak akan membiarkan pekerjaan rumah menumpuk lebih dari 5 hari.

[-]  Seorang perfeksionis tidak akan tertawa saat ada yang mengkritiknya

[-] Seorang perfeksionis tidak akan melupakan ucapan terimakasih kepada orang yang mengiriminya hadiah.

Seorang perfeksionis adalah orang aktif dalam berorganisasi. Jadwal mereka dipenuhi oleh kegiatan-kegiatan pelayanan masyarakat, seminar-seminar, dan kegiatan organisasi lainnya.

Seorang perfeksionis yang masih duduk di bangku sekolah, pada umumnya adalah seorang siswa yang hebat. Mereka sering sekali mendapatkan pujian-pujian oleh guru karena pekerjaan yang dikerjakan hampir selalu mendekati kesempurnaan.

Itulah beberapa ulasan dari saya tentang seorang perfeksionis. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian...

Salam

August Peter

MAU COPAS? SERTAKAN SUMBERNYA

Anda menyukai artikel diatas?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog August Peter ini

0 komentar :

Berkomentarlah

Beritahu kami apa yang anda pikirkan

 
Support : Copyright © 2011. August Peter's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by August Peter Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger