Tips : Cara Belajar Saat Mau Ujian

Kamis, 13 September 2012

Bagikan Post ini :

Belajar pada saat mau ujian memang sudah biasa. Namanya juga mau Ujian. Tapi gimana kalau 1 atau sampai seminggu jadwal ujian and PR kita PLONG? Wah, serasa disurgaa... hehehe...
Belajar memang suatu hal yang paling dibenci kalangan pelajar pada umumnya, tidak terkecuali saya (terkadang, hehehe...). So kalau mau ujian gimana cara belajar paling Ampuh yang bisa buat kita dapat nilai sempurna? Itulah yang akan dibahas sekarang ini.
oke, silahkan liat-liat aja dulu...
Kalau misalnya ada kesalahan tinggal Komen aja.
1. Belajar Seminggu sebelum Ujian
Seminggu sebelum Ujian? bisa-bisa lupa tuh materi yang mau di ujiankan waktu hari-H. Ga BAKALAN! Dijamin 100% tu materi ga bakal lupa, kalaupun lupa, ente semua bisa baca ulang dibagian yang kelupaan itu tanpa harus menghapal lagi. Dan lagipula, manusia punya ingatan yang sangat kuat untuk mengingat. Ingat, mengingat bukan menghapal.

2. Pilih Waktu Belajar yang PAS
Emang kapan waktu yang pas untuk belajar? Kalau menurut buku yang saya baca saat ini, saat yang paling pas untuk belajar adalah pagi hari. Kenapa? Karena pagi hari adalah waktu dimana badan masih segar, dan otak masih bersedia untuk berkonsentrasi penuh. ga seperti malam hari. Otak sudah minta tidur, badan udah mau tergeletak. Tapi waktu ini bukan digunakan untuk mengerjakan PR.

3. Jangan Menghapal Pelajaran
Jangan menghapal? Gimana mau Ujian???....
Menghapal itu hanya sekedar mengingat untuk waktu tertentu dan jangka waktu (otak) kita mengingatnya lebih cenderung singkat daripada kita memahaminya. Memahami suatu pelajaran adalah cara efektif yang bisa membuat kita dapat nilai sempurna di Ulangan. Walaupun ada satu-satu yang harus kita hapal.

4.  Rajin Membaca
Kalau sifatnya sudah memang kutu buku, sudah memang orang pandailah itu. Jadi intinya jangan malas membaca. Bukan berarti membaca dalam hal membaca komik, novel, majalah yang ga terlalu penting, Status FB, Mention-an Orang, dll. Tapi, yang dimaksud adalah membaca buku. Buku apapun itu, pokoknya bermanfaat, koran juga bisa, majalah pendidikan dan banyak lagi yang bisa dibaca. Itu semua hanya untuk menambah wawasan saja. Kalau untuk siswa yang paling utama itu buku pelajaran.

5. Kurangi Menonton dan Main Game
Salah satu yang buat para Remaja malas untuk belajar dan membaca memang faktor dari seringnya Menonton acara TV dan Main Game. Tapi ada lagi yang paling mempengaruhi. Yaitu Handphone. Waduh, alat canggih serbabisa ini adalah satu penyebab para remaja (termasuk saya) menjadi malas untuk belajar dan berfikir. SMS-an dengan pacar atau main Internet di HP adalah favorit di zaman sekarang ini (saya juga termasuk). Jadi perubahan itu perlu.

6. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman
Menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk pribadi kita sendiri bukanlah hal yang sulit menurut saya. Kalau tips saya dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah saat dikamar atau diperpustakaan. Kalau dikamar, kita bisa pasang lagu favorit kita untuk menambah keinginan kita dalam belajar. Kalau diperpustakaan, kita difasilitasi buku-buku yang banyak sekaligus dengan suasana nyaman dan full AC (tergantung Perpustakaannya).

7. Jangan Benci dengan Mata Pelajarannya
Inilah perkara remaja untuk menolak ilmu (termasuk saya). Benci dengan Mata Pelajarannya. Kalau masih dalam status pelajar, menurut saya tidak ada istilah ga suka atau ga minat apalagi benci dengan salah satu mata pelajaran. Ga suka boleh-boleh aja, tapi jangan sampai nilai kita Hancur gara-gara ga suka dengan mata pelajarannya. Tapi kalau menurut observasi saya, para pelajar bukannya ga suka dengan mata pelajarannya, tetapi dengan gurunya.

8. Berdoa
Berdoa adalah salah satu cara paling efektif dan ampuh untuk menenangkan dri kita saat Ujian. Berdoalah untuk diberikan ketenangan, agar diberkati saat ujian sedang berlangsung.
Menyerahkan diri sepenunya pada Tuhan. Biarkan Tuhan bekerja dalam ingatan kita, karena dialah yang punya Kehendak kita akan lulus atau tidak.


Itulah satu lagi tips dari saya, saya harap bermanfaaat bagi pembaca.


Salam,


August Peter

MAU COPAS? SERTAKAN SUMBERNYA

Anda menyukai artikel diatas?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog August Peter ini

2 komentar :

Kepada para pembaca yang ingin bertanya di blog atau ingin meminta bantuan kepada Admin dari blog ini harap kirim langsung ke alamat emal berikut :

augustpeter@musician.org

Dan jika ingin mendapatkan follback dari blog ini, silahkan klik tombol pada "Dapatkan Follback" di bagian atas blog ini...

Terimakasih

 
Support : Copyright © 2011. August Peter's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by August Peter Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger