Berlebihan itu Baik atau Buruk ?

Senin, 25 Juni 2012

Bagikan Post ini :



Apa yang ada dalam fikiran Anda jika saya sebutkan kata-kata "Berlebihan" ? Atau yang lebih mudahnya, bagaimana jika Anda melihat orang bersikap berlebihan terhadap dirinya sendiri atau terhadap Anda, misalnya pacar Anda atau apakah Anda suka bersikap berlebihan?
Dari sekian banyak orang yang saya tanyai dengan pertanyaan diatas, ada beberapa jawaban dari mereka. Berikut jawabannya.


Lebay banget dia!


Ih. Ga pernah lah bersikap berlebihan.


Kadang-kadang sih pernah..


Untungnya apa?


Ga suka! gue putusin tuh orang kalo gitu.




                 
Dan banyak lagi. Nah, sekarang pertanyaan saya. Apakah Anda setuju dengan beberapa pernyataan diatas?
Sekarang saya akan beri 1 ilustrasi untuk Anda.

Ada 1 orang. Ia mau makan siang, tetapi bukan memakai sendok makan dan garpu, melainkan menggunakan tangan. Kalau orang biasa, ia pasti akan mencuci tangannya hingga bersih (hanya tangan). Tapi orang ini tidak hanya mencuci tangan. Ia juga mencuci kakinya, mukanya, dan menyikat giginya lalu makan.

Dari ilustrasi diatas. Apakah Anda berfikiran sama dengan orang-orang yang memberikan jawaban seperti diatas?

Baiklah. Saya disini tidak akan menyalahkan apapun jawaban Anda. Hanya saja, saya ingin memberi bahan pemikiran untuk Anda.

Dari ilustrasi diatas. Apakah orang tersebut mengalami kerugian? Atau bahkan mungkin tidak ada gunanya ia melakukan hal yang berlebihan seperti itu (tidak untung dan tidak rugi)?
Orang itu mengalami keuntungan dari sisi kebersihan dirinya dan mungkin mendapatkan julukan "si bersih" atau "orang yang bersih" dari orang-orang yang berfikiran panjang. Tetapi ia tidak mendapatkan keuntungan banyak dari apa yang akan ia kerjakan setelah itu, yaitu makan.

Nah, sekarang tahukah Anda apakah Berlebihan itu Baik atau Buruk? Jika ingin detilnya, silahkan Anda lanjutkan membacanya.

Berlebihan bukan berarti pasti memiliki keuntungan, tetapi tergantung bagaimana Anda dan si orang yang berlebihan itu melakukan berlebihannya. Contohnya makan. Jika Anda makan berlebihan, maka Anda kemungkinan besar akan mengalami mual, kegemukan, dan lainnya. Disini tidak akan ditemukan sisi keuntungannya, malah kerugiannya banyak, tetapi bukan berarti buruk. Buruk dalam arti "kerugian sepenuhnya" tidak di gunakan dalam contoh diatas, melainkan kerugian sementara. Kalau dalam bahasa Inggrisnya "NOT TOO BAD" (Tidak Terlalu Buruk). Not too bad diartikan bahwa ada kerugian, tetapi tidak besar dan tidak permanen (bersifat sementara). Begitulah sifat Berlebihan.

Ada lagi ilustrasi yang akan saya berikan. Berikut ilustrasinya.

Seorang wanita memiliki seorang pasangan yaitu seorang pria tampan,  mapan, dan memiliki postur tubuh yang tinggi dan ateletis. Si wanita ini pun cantik rupawan, mapan dan memiliki postur tubuh tinggi dan seksi. Mereka saling mencintai satu sama lain, tetapi keduanya merasa tidak pantas karena suatu faktor. Kita katakan faktor sifat yang dimiliki masing-masing. Tetapi karena cinta yang sangat amat besar, mereka kemudian bersikap berlebihan dalam berpenampilan, berbicara, bahkan berusaha tidak menunjukkan sifat jelek diantara keduanya. Ketika sedang berkencan, si pria menganggap bahwa si wanita ini terlalu berlebihan dalam penampilan dan gaya bicaranya. Dan di pihak si wanita. Ia juga menganggap bahwa si pria-lah yang berlebihan. Ketika akan mengomentari sifat berlebihan si pria. Maka sikap yang di tunjukkan si pria kepada teman kencannya itu hanyalah tertawa dan kembali menyindir si wanita. Dan pada akhirnya, perbedaan pendapat itu akan berujung Perpisahan

Kalimat yang saya beri warna merah adalah jawaban saya. Mungkin Anda punya jawaban lain.

Didalam ilustrasi itu. Sikap berlebihan berujung buruk (perpisahaan) jika si wanita kembali menyindir si pria kemudian begitu pula sebaliknya hingga keduanya menjadi panas dan beradu mulut. namun bagaimana jika keduanya menyadari sikap berlebihan mereka? Bisa jadi hubungan mereka makin dekat dan dapat saling memahami, karena keduanya mau jujur satu sama lain. Bagaimana menurut Anda.

Jadi kesimpulannya, Berlebihan itu ada Baiknya ada Buruknya. Tergantung dari faktor yang kita lihat.

Itulah menurut saya bagaimana Berlebihan itu.

Saya harap artikel diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Salam saya

AugustPeter

MAU COPAS? SERTAKAN SUMBERNYA

Anda menyukai artikel diatas?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog August Peter ini

2 komentar :

  1. wuihh... ini yg kucari cari dari tadi.
    info yg bermanfaat sekali..
    ijin bookmark ya :D



    #Semoga Sehat Selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. DiIzinkan gan...

      #THX for VISITED :D

      Hapus

Kepada para pembaca yang ingin bertanya di blog atau ingin meminta bantuan kepada Admin dari blog ini harap kirim langsung ke alamat emal berikut :

augustpeter@musician.org

Dan jika ingin mendapatkan follback dari blog ini, silahkan klik tombol pada "Dapatkan Follback" di bagian atas blog ini...

Terimakasih

 
Support : Copyright © 2011. August Peter's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by August Peter Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger