Tips Merawat Laptop dan Notebook

Selasa, 29 Mei 2012

Bagikan Post ini :

 

Laptop merupakan sebuah perangkat yang praktis dan sangat membantu dan memudahkan banyak orang untuk bekerja. Namun, laptop bukanlah perangkat yang memiliki ketahanan terhadap apapun. Malah sebaliknya, laptop merupakan perangkat yang sangat rentan rusak. Sebagai pemakai, sudah menjadi kewajiban untuk menjaga dan merawatnya. berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat laptop.

  1. Jauhkan laptop dari air

    Ketika anda mengunakan laptop, usahakan untuk menaruhnya jauh dari benda-benda cair. Karena jika air tersebut tumpah dan masuk kedalam laptop, dapat menyebabkan korsleting yang mengakibatkan laptop rusak. Jika hal ini terjadi, cepat-cepatlah cabut adaptor dan lepaskan baterai, bongkar laptop lalu diamkan hingga kering

  2. Jauhkan Laptop dari barang elektronik
    Peralatan elektronik seperti handphone, televisi, speaker atau strika yang aktif mengeluarkan medan magnet. Medan magnet ini akan mempengaruhi kinerja komponen laptop terutama harddisk. Untuk melindungi data yang ada didalamnya, jangan menaruh laptop berdekatan dengan sumber magnet tersebut. Seandainya Anda ingin menggunakan handphone, letakkan handphone kurang lebih 20-30 cm dari laptop.

  3. Jauhkan laptop dari tempat yang panas
    Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop. Jangan sekali-kali menaruhnya di tempat yang panas seperti meninggalkannya di mobil dengan tempat parkir yang panas.

  4. Jangan menaruh laptop di permukaan yang terlalu empuk

    Permukaan yang empuk seperti bantal atau kasur dapat menghambat keluarnya udara panas dari laptop. Jika udara panas ini tidak bisa keluar, laptop akan menjadi terlalu panas dan memiliki kemungkinan untuk rusak.
  5. Jangan menaruh laptop di lantai

    Jika Anda menggunakan laptop di lantai, selain kemungkinan laptop cepat kotor oleh debu, resiko laptop terinjak juga sangat besar. Anda bisa saja tidak sengaja menginjak laptop dan merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Anda boleh meletakkannya di lantai akan tetapi harus berhati-hati.

  6. Jangan menaruh benda di antara keyboard dan layar laptop
    Mulai sekarang, coba hilangkan kebiasaan Anda yang suka meletakkan benda-benda diatas keyboard laptop. Hal ini sangat berbahaya, resiko layar tergores menjadi sangat besar
  7. Jangan menaruh beban berat di atas laptop
    Menaruh benda yang berat diatas laptop menyebabkan kerusakan pada layar LCD secara permanen. Hindari menaruh benda yang berat atau benda yang menyebabkan tekanan pada laptop.
  8. Jangan membiasakan membawa/memindahkan laptop dalam kondisi hidup
    Jangan membiasakan membawa atau memindahkan laptop dengan kodisi masih hidup. Mungkin awalnya tidak terjadi sesuatu, tetapi sebenarnya jika terlalu sering memindahkan laptop dengan kodisi keadaan hidup terjadi guncangan pada komponen-komponen laptop yang menyebabkan kerusakan pada harddisk. Guncangan akan membuat head harddisk kemungkinan menggores silinder hadrdisk.
  9. Jangan membawa laptop di dalam tas yang penuh dengan barang-barang
    Sebisa mugkin hidari pemaksaan laptop untuk masuk ke dalam tas yang penuh dengan barang-barang. Karena laptop yang terkena tekanan akan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop dan kerusakan pada layar LCD. Sebaiknya gunakanlah tas khusus laptop dan taruh terpisah dari tas barang-barang lainnya. Tas khusus laptop dibuat sedemikian rupa untuk meredam guncangan-guncangan kecil dan kemungkinan goresan-goresan dari benda-bendadi sekitarnya.
  10. Hindari kebiasaan meminjamkan laptop ke sembarang orang
    Laptop sifatnya privasi atau personal user. Dengan alasan keamanan data dan resiko kerusakan, jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Selalu ada kemungkinan data hilang baik itu sengaja atau tidak sengaja. Jkka memang Anda perlu meminjamkannya, buatlah user account baru dan beri password
  11. Jangan membongkar laptop tanpa pengetahuan yang cukup
    Jika laptop anda bermasalah dan masih memiliki garansi lebih baik Anda membawanya ke tempat service resminya. Namun, jika masa garansi sudah habis Anda bisa membongkar laptop dengan melihat rujukan yang telah ada dan pengetahuan yang cukup dengan membeli buku-buku tentang perbaikan laptop.
  12. Matikan laptop dengan cara yang benar
    Jangan membiasakan mematikan laptop dengan paksa seperti melepaskan baterainya atau dengan menekan tombol power. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Jika lampu indikator harddisk masih berkedip, kondisi ini menunjukkan bahwa harddisk masih aktif. Biasakan mematikan laptop dengan cara yang benar lewat menu shutdown.
  13. Bersihkan keyboard secara berkala
    Bersihkan keyboard laptop Anda secara rutin dan berkala dengan menyemprotkan udara disela-sela tombol. Hindari mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras, resikonya dapat merusak tombol laptop itu sendiri. Jika tidak memiliki penyemprot udara, gunakan kuas yang kecil dan halus untuk membersihkannya
  14. Bersihkan layar LCD secara berkala

    Layar LCD laptop membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra. Bersihkanlah layar LCD dengan menggunkana kain yang dapat dibeli di toko komputer. Kemudian lap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan lakukan satu arah saja. Cairan pembersih untuk layar laptop disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama denag pembersih untuk layar kamera digital.
  15. Antisipasi sambaran petir
    Jika Anda memakai laptop pada saat cuaca sedang mendung, hujan atau banyak petir, waspadalah dengan mencabut atau melepas semua yang terhubung dengan laptop Anda. Lepas kabel modem telepon saat sedang berinternet dan lepaslkan juga kabel jaringan LAN.

MAU COPAS? SERTAKAN SUMBERNYA

Anda menyukai artikel diatas?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog August Peter ini

0 komentar :

Berkomentarlah

Beritahu kami apa yang anda pikirkan

 
Support : Copyright © 2011. August Peter's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by August Peter Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger